Membuat Lampu Tenaga Surya


Oke, sekarang daripada ngga ada kerjaan, mari bereksperimen membuat lampu tenaga surya sendiri. Kita sama-sama belajar saja disini. Karena saya bukan ahli soal panel surya jadi mohon maaf kalo ada yang salah. So, bagaimana membuat listrik tenaga surya buatan sendiri ? Saya menggunakan solar cell 20wp, dengan accu 12V dan Lampu Sehen LED. Dalam eksperimen Tenaga surya sederhana ini saya gunakan solar cell 20wp, output 17V. Dipasaran, harga solar cell per WP antara 20-25ribu rupiah. Kalau anda hendak bereksperimen lagi, saya sarankan beli per lembar, berkisar 380 ribu perlembar. Sedangkan lampu LED, tak jauh-jauh dari 10 watt.
Membuat Lampu Tenaga Surya

Pada uji coba pemanfaatan tenaga surya menggunakan solar cell ini, kondisi solar panel masih bisa mengisi energi meski cuaca mendung sekalipun. Tapi, hasilnya memang tidak sekuat ketika mendapat sinar matahari secara total.

Dengan konsep sangat sederhana, dari terminal out panel langsung dihubungkan dengan kabel ke baterai atau accu sesuai polaritasnya. Positif ke positif, begitu juga sebaliknya. Sedangkan untuk pemasangan lampu juga sama, namun diseri dengan saklar.

Eksperimen ini saya ikuti melalui sebuah video tutorial yang ada di youtube dan masih menggunakan teknik sambungan manual. Nyala lampu terang bisa bertahan lebih dari 12jam (selama eksperimen berlangsung). Bagi Anda yang menggunakan inverter atau pengubah tegangan DC ke 220 AC perlu menggunakan beberapa panel surya dan baterai berkapasitas lebih besar. Secara teori, eksperimen pembuatan lampu tenaga surya sederhana ini juga bisa diaplikasikan dalam pembuatan lampu penerangan jalan umum. Untuk informasi pembelian solar panel anda bisa kunjungi http://www.suryaharapan.com/paket-lengkap/